Jumat, 09 September 2016

Tujuan Asuhan Persalinan

Tujuan Asuhan Persalinan
Tujuan asuhan pada persalinan normal secara umum adalah mengupayakan kelangsungan hidup dan mencapai derajat kesehatan yang tinggi bagi ibu dan bayinya, melalui berbagai upaya yang berintegrasi dan lengkap serta intervensi minimal sehingga prinsip keamanan dan kualitas pelayanan dapat terjaga pada tingkat yang optimal.
Dengan pendekatan seperti ini, berarti bahwa upaya asuhan persalinan normal harus di dukung oleh adanya alasan yang kuat dan berbagai bukti yang dapat menunjukkan adanaya manfaat apabila di aplikasikan pada setiap proses persalinan :
Tujuan asuhan pada persalinan yang lebih spesifik adalah :
1.    Memberikan asuhan yang memadai selama persalinan dalam upaya mencapai pertolongan persalinan yang bersih dan aman, dengan memperhatikan aspek sayang ibu dan bayi.
2.    Melindungi keselamatan ibu dan bayi baru lahir (BBL),mulai dari hamil hingga bayi selamat.
3.    Mendeteksi dan menatalaksana komplikasi secara tepat waktu.
4.    Memberi dukungan serta cepat bereaksi terhadap kebutuhan ibu, pasangan dan keluarganya selama persalinan dan kelahiran bayi.

Lima Benang Merah Asuhan Persalinan
1.    Keputusan klinis
Membuat keputusan merupakan proses yang menentukan untuk menyelesaikan masalah dan menentukan asuhan yang diperlukan oleh pasien. Keputusan itu harus akurat, komprehensif dan aman, baik bagi pasien  dan keluarganya maupun petugas yang memberikan pertolongan. Membuat keputusan klinik tersebut dihasilkan melalui serangkaian proses metode yang sistematik menggunakan informasi dan hasil dari olah kognitif dan intuisif serta dipadukan dengan kajian teoritis dan intervensi berdasarkan bukti (evidence-based), ketrampilan dan pengalaman yang dikembangkan melalui berbagai tahapan yang logis dan diperlukan dalam upaya untuk menyelesaikan masalah dan terfokus pada pasien (Varney, 1997)     Langkah" membuat keputusan klinik diantaranya:
1)    Pengumpulan data
2)    Diagnosa
3)    Penatalaksanaan
4)    Evaluasi
2.    Sayang ibu dan Bayi
Beberapa prinsip dasar Asuhan Sayang Ibu adalah dengan mengikutsertakan suami dan keluarga selama proses  persalinan dan kelahiran bayi. Banyak hasilnpenelitian menunjukkan bahwa jika para ibu diperhatikan dan diberi dukungan selama persalinan dan kelahiran bayi serta mengetahui dengan baik mengenai prose perslinan dan asuhan yang akan mereka terima, mereka akan mendapatkan rasa aman dan hasil yang lebih baik. Berikut penerapan asuhan sayang ibu : 
1)    Panggil nama ibu
2)    Jelaskan sebelum/sesudah asuhan yang diberikan
3)    Jelaskan proses persalinan pada ibu dan keluarga
4)     Anjurkan ibu bertanya
5)    Hargai privacy

3.    Pencegahan infeksi
Tujuan tindakan pencegahan infeksi dalam pelayanan asuhan kesehatan : 
1)    Minimalkan infeksi
2)    Menentukan resiko penularan penyakit yang mengancam jiwa seperti Hepatitis dan HIV/AIDS
4.    Dokumentasi
Aspek-aspek penting dalam pencatatan termasuk : 
1)    Tanggal dan waktu asuhan kebidanan
2)    Identitas penolong
3)    Paraf atau TTD pada semua catatan
4)    Informasi berkaitan harus ditulis tepat, jelas dan dapat dibaca
5)    Sistem pencatatan pasien harus terpelihara dan siap sedia
5.    Rujukan
Rujukan dilakukan oleh bidan jika ada suatu hal yang sudah bukan menjadi wewenang bidan. Biasanya, bidan akan memberi rujukan ke dokter spesialis kandungan agar dapat di diagnosa lebih lanjut.

1 komentar:

kaelynneearnest mengatakan...

Tithian has been in contact with new players after a
During the 2016-17 cycle, snow peak titanium spork Tithian had secured titanium dioxide sunscreen a new partnership with titanium coating the casino oakley titanium sunglasses and sports betting company fallout 76 black titanium Paddy Power.

Posting Komentar

 
Powered by Blogger